Jumat, 07 Maret 2014

Pengujian Total Volatile Base (TVB) dan Trimethylamine (TMA) dengan CONWAY

Prinsip:
a.  Senyawa-senyawa volatile base (amonia, mono, di, trimethylamine, dll) yang terdapat dalam ekstrak daging ikan yang bersifat basis, diuapkan pada suhu 35oC selama 2 jam atau semalam pada suhu kamar.  Senyawa-senyawa tersebut diikat oleh asam borat dan dititrasi dengan larutan HCl 0,02 N.
b.  Dengan penambahan formalin ke dalam ekstrak contoh maka senyawa-senyawa volatile bases akan diikat kecuali TMA, dan bila campuran ini dialkalikan, TMA menguap pada suhu 35oC selama 2 jam atau pada suhu kamar selama semalam.

Tujuan untuk  menentukan kadar TVB dan TMA dalam ikan segar dan hasil olahan lainnya dimana dua parameter ini merupakan parameter kemunduran mutu bagi hasil perikanan dan hasil olahannya

Prosedur  :
a.    Timbang contoh sebanyak 25 gram dan tambahkan 75 ml TCA 7% lalu homogenkan dengan blender selama 1 menit.
b.    Saring homogenat dengan kertas saring dan ambil filtratnya.
c.    Siapkan cawan conway dengan mengolesi tutupnya dengan vaselin sehingga diperoleh penutupan yang rapat
d.    Pipet 1 ml larutan asam borat 2% ke bagian dalam (inner chamber) cawan conway.  Dengan memakai pipet 1 ml yang lain, masukkan filtrat contoh ke bagian luar (outer chamber), misalnya sebelah kiri.
e.    Tutup cawan conway pada posisi hampir menutup, kemudian tambahkan 1 ml larutan K2CO3 jenuh ke bagian luar (outer chamber) bagian kanan dan segera cawan conway ditutup rapat.
f.     Kerjakan blanko dimana filtrat contoh diganti dengan larutan TCA 5% dan kerjakan seperti prosedur diatas.  Untuk setiap contoh dan blanko dikerjakan duplo.
g.    Inkubasikan pada inkubator suhu 35oC selama 2 jam atau pada suhu kamar selama semalam.
h.    Setelah inkubasi kemudian titrasi dengan HCl 0,02 N sehingga warna larutan asam borat berubah menjadi merah muda (pink).
i.      Catat hasil titrasi dan hitung dengan rumus dibawah ini.

j.  Bersihkan segala peralatan dan meja kerja yang digunakan seperti sebelumnya.  Kembalikan kemikalia pada tempatnya dan catat penggunaan kemikalia pada buku harian kemikalia.

PERHITUNGAN
www.ririekhayan.com



Acuan :  SNI – 01 -  4495 - 1998






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengujian Kadar Garam

Pengujian Kadar Garam ini u ntuk mengetahui kandungan kadar garam pada produk perikanan dan hasil olahannya. Adapun Prinsip metode pengu...